Rabu, 12 Februari 2014

Prosedur Pendaftaran Beasiswa KSE

  1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan
    • Essay pendek maksimal dua halaman A4 mengenai alasan pemilihan jurusan, alasan membutuhkan beasiswa dan rencana jangka panjang setelah lulus kuliah
    • Curriculum Vitae dan pas foto berwarna 4x6 (2 lembar)
    • Copy KTM, KTP dan KK
    • Copy transkrip nilai (2 semester terakhir)
    • Copy rekening listrik, air, telpon (2 bulan terakhir) jika menggunakan
    • Surat keterangan tidak mampu dari instansi terkait
    • Surat rekomendasi dari pembimbing akademik dan fakultas/rektorat
  2. Mengirimkan Dokumen Persyaratan Selambat-lambatnya bulan Juni (cap pos) ke alamat: Yayasan Karya Salemba Empat Jl. Mendawai I No. 19 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12130 Tel. (021) 72789238/9 Fax. (021) 72789216
  3. Registrasi Online Lakukan registrasi di alamat http://www.beasiswa.or.id dan memilih tautan "REGISTER", lalu "New Registration". Jangan melakukan registrasi online atas nama kampus lain bila nama universitas anda tidak ada di form registrasi. Tunggu sampai nama universitas anda tersedia menurut jadwal yang ditentukan Yayasan KSE. Untuk melakukan registrasi, mahasiswa harus memiliki email, bila belum punya, silakan baca petunjuk pembuatan email di: http://www.google.co.id/search?q=cara+membuat+gmail Setelah Registrasi, sistem akan mengirimkan email berisikan password serta petunjuk selanjutnya untuk melengkapi data registrasi. Segera periksa email (di folder Inbox atau Spam atau Junk) untuk melanjutkan proses registrasi.
  4. Seleksi Wawancara Bila peserta dinyatakan lolos seleksi dokumen dan diundang wawancara. Proses ini akan dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus (tempat dan waktu akan diumumkan).
  5. Pengumuman Anggota Program Beasiswa KSE yang telah lolos seleksi wawancara akan diumumkan pada akhir bulan Agustus melalui website KSE dan fakultas masing-masing.
  6. Buka Rekening Para anggota diwajibkan membuka rekening tabungan atas nama sendiri di bank mitra KSE, yaitu OCBC NISP, BNI '46, BCA, BII atau Bank Mandiri.
  7. Username dan Password Para anggota akan mendapatkan email (pada mailbox yang didaftarkan ketika registrasi online) yang berisi username dan password untuk mengakses Sistem Beasiswa Online. Informasi ini harus diingat dan tidak boleh diketahui oleh pihak lain yang dapat menyalahgunakan fasilitas yang diterima oleh mahasiswa sebagai anggota Program Beasiswa KSE.
  8. Login Lakukan login pada Sistem Beasiswa Online dengan username dan password tersebut. Setelah login anggota akan diminta untuk melakukan verifikasi profil dan mengisi nomer rekening bank. Tanpa nomer rekening bank, mahasiswa tidak bisa mengakses fungsi-fungsi Sistem Beasiswa Online lainnya. Nomer rekening harus diisi selambat-lambatnya tanggal xx-xx-xxxx.
  9. Unggah Dokumen Persyaratan Setelah berhasil login serta mengisi informasi rekening bank, mahasiswa harus mengunggah (upload softcopy) dokumen persyaratan yang telah disiapkan saat registrasi ke dalam Sistem Beasiswa Online. Selain dokumen Essay serta Curriculum Vitae yang menggunakan format *.doc atau *.pdf, dokumen lainnya dapat diunggah dengan format *.jpg atau *.pdf. Ukuran masing-masing file tidak boleh lebih dari 100kb.
  10. Transfer Dana dan Laporan Perhatikan pengumuman pada website KSE untuk mengetahui jadwal pengiriman dana. Baca juga panduan Laporan Beasiswa Online untuk memenuhi kewajiban keanggotaan Beasiswa KSE. Mahasiswa yang terlambat membuat Laporan Beasiswa Online akan mendapat sanksi berupa penundaan maupun pembatalan beasiswa.

2 komentar:

  1. apakah tidak masukan pas photo dinyatakan tidak terdaftar

    BalasHapus
  2. karena saya belum mengap-load photo pada registrasi online 19 februari 2017 lalu... mohon solusinya.

    BalasHapus